Be the one who love everyone.It's better than be the one who beloved by everyone

Yang Harus di ketahui tentang Obat

(2)

 

TAHU CARA PENGGUNAAN OBAT SECARA BENAR

          Obat bisa digunakan dengan berbagai macam cara. Untuk mendapatkan manfaat yang semaksimal mungkin, anda harus tahu cara penggunaan tiap jenis obat dengan baik. Untuk menghindari kesalahan, bacalah selalu petunjuk dalam label atau brosur yang tersedia.

 

OBAT ORAL (Lewat Mulut)

          Merupakan jenis obat yang diberikan lewat mulut. Perlu diketahui dengan pasti apakah obat harus diminum sebelum atau sesudah makan. Terdapat 3 bentuk utama obat oral : tablet, kapsul dan cairan. Karena setiap jenis obat bisa di buat dalam berbagai bentuk, maka anda memilih yang paling anda suka. Contohnya : bila terlalu besar untuk di telan pilihlah bentuk sirup.

 

TABLET

          Tablet di buat terdiri dari bahan obat dan bahan – bahan lain yang di campur sehingga berbentuk padat. Tiap jenis tablet fungsinya berbeda – beda. Beberapa tablet melepaskan obat secara perlahan – lahan untuk jangka waktu lama. Yang lain akan melepaskan obat setelah masuk di usus halus, bukan di lumbung. Karena itu jangan melumatkan atau mengunyah tablet sebelum di telan kecuali atas persetujuan dokter atau apoteker.

          Bagi anak yang sulit menelan tablet/kapsul mintalah dalam bentuk sirup.

 

          Tablet sublingual, Tablet yang harus di letakan di bawah lidah yang kaya akan pembuluh darah, sehingga obat akan diserap dengan cepat.

          Tablet effervescent yang larut, Tablet dilarutkan dahulu dengan air sebelum diminum.

          Tablet kunyah, Tablet ini harus di kunyahsebelum di telan, dan tidak untuk di telan dalam keadaan utuh. Biasanya berfungsi untuk melapisi dinding lambung.

          Tablet bersalut, Tablet ini harus ditelan utuh. Bentuk ini berfungsi untuk menahan pengeluaran obat sampai obat melewati lambung, karena obat ini akan menyebabkan iritasi lambung atau akan dirusak oleh cairan lambung. Lapisan luar obat dibuat khusus sehingga obat bisa di lepas hanya di bagian yang lingkungan yang rendah kadar asam di bagian usus halus. Karena itu jangan menelan obat bersalut bersamaan dengan antasida, karena antasida akan menurunkan kadar asam lambung sehingga obat akan di keluarkan di lambung bukan di usus halus.

        Tablet slow release, Harus di telan dalam keadaan utuh. Berfungsi untuk melepaskan obat secara perlahan – lahan dalam jangka waktu lama. Namun tablet seperti ini akan di tambah dengan huruf SR (Slow Release) di belakang nama obat, misalnya : Nuelin SR.

 

KAPSUL

        Obat yang di bungkus dalam kapsul bentuk keras ataupun lunak. Obat akan di lepas setelah kapsul pecah setelah bersentuhan dengan cairan pencernaan. Setiap kapsul fungsinya berlainan.

 

          Kapsul keras (dibuat 2 bagian), Harus di telan utuh, tetapi bila sukar di telan, bukalah kapsulnya dan minum obatnya saja.

          Kapsul lunak (dibuat 1 bagian), Harus di telan utuh.

          Kapsul bersalut enteric, Harus di telan utuh baik dalam bentuk keras ataupun lunak. Kapsul di buat untuk menahan asam lambung sehingga hanya bisa terbuka setelah bersentuhan dengan cairan usus halus.

          Kapsul slow release, Harus di telan utuh baik dalam bentuk keras maupun lunak. Kapsul dan isinya berfungsi untuk melepaskan obat secara perlahan – lahan dalam jangka waktu lama.

 

CAIRAN

          Adalah merupakan bentuk obat oral dalam bentuk dasar cairan, di tambah dengan bahan pengawet, penambah rasa dan warna. Terdapat 2 aturan penting bagi obat cairan :

<!–[if !supportLists]–>n       <!–[endif]–>Kocoklah dengan baik sebelum di minum. Cara mengocok yang benar adalah cara membalik balikan botol secara perlahan berulang kali. Jangan mengocok terlalu kuat karena akan membentuk gelembung – gelembung udara.

<!–[if !supportLists]–>n       <!–[endif]–>Gunakan sendok obat untuk mengukur dosis secara tepat. Jangan menggunakan sendok the karena tidak ada standard ukuran sendok teh

 

SUNTIKAN

        Bentuk obat yang di berikan oleh dokter  atau perawat. Tetapi bila di perlukan suntikan jangka lama, anda perlu belajar menyuntik sendiri. Obat di berikan dalam bentuk suntikan karena beberapa alasan :

<!–[if !supportLists]–>n       <!–[endif]–>Perlu efek yang cepat

<!–[if !supportLists]–>n       <!–[endif]–>Perlu efek lokal misal tempat suntikan

<!–[if !supportLists]–>n       <!–[endif]–>Tidak bisa diberikan lewat mulut (misalnya karena akan di rusak oleh cairan lambung, penyerapan jelek, merangsang lambung, penderita selalu muntah atau penderita dalam keadaan pingsan.)

 

OBAT TOPIKAL

        Jenis obat yang langsung di oleskan pada bagian yang memerlukannya. Terdapat 4 macam obat topical : kulit, mata, telinga dan hidung.

 

Obat Kulit,

          Untuk mengolesi kulit. Bisa dalam bentuk krem, salep, cairan ataupun perekat transdermal. Terdapat 2 aturan penting untuk obat kulit  :

<!–[if !supportLists]–>·         <!–[endif]–>Gunakan sesuai petunjuk untuk mencegah penyerapan yang berlebihan dalam darah sehingga menyebabkan efek samping sistemik (mempengaruhi seluruh system tubuh). Beberapa jenis obat kulit hanya untuk di oleskan tipis – tipis di kulit seperti krem steroid, sedang yang lain harus sampai di pijat – pijat.

<!–[if !supportLists]–>·         <!–[endif]–>Cuci tangan setelah mengoleskan obat untuk mencegah reaksi dengan jari – jari tangan anda atau mengenai bagian mata ataupun mulut.

 

Cara Menggunakan krem/salep :

<!–[if !supportLists]–>1.         <!–[endif]–>Cuci tangan

<!–[if !supportLists]–>2.       <!–[endif]–>Bersihkan bagian yang akan di olesi

<!–[if !supportLists]–>3.       <!–[endif]–>Oleskan obat di bagian yang membutuhkan tipis – tipis

<!–[if !supportLists]–>4.      <!–[endif]–>Ratakan obat pada kulit, kecuali kalau memang dilarang

<!–[if !supportLists]–>5.       <!–[endif]–>Cuci tangan dengan air sabun.

 

Perekat transdermal, Jenis ini harus di lekatkan pada kulit. Obat dalam perekat akan di lepas perlahan – perlahan masuk ke dalam kulit. Terdapat 4 aturan penting untuk jenis ini :

<!–[if !supportLists]–>·         <!–[endif]–>Pilihlah bagian kulit yang tidak berambut, dan bebas luka, jaringan parut dan radang

<!–[if !supportLists]–>·         <!–[endif]–>Bersihkan bagian kulit dengan air.

<!–[if !supportLists]–>·         <!–[endif]–>Buanglah obat perekat yang lama untuk diganti dengan yang baru tetapi harus di tempat yang berbeda

<!–[if !supportLists]–>·         <!–[endif]–>Jangan memotong besarnya perekat untuk menyesuaikan jumlah dosisnya.

 

OBAT MATA

        Obat yang dimasukan kedalam mata. Bisa dalam bentuk tetes mata ataupun salep mata. Terdapat 3 aturan penting untuk obat mata :

<!–[if !supportLists]–>·         <!–[endif]–>Jangan sampai alat tetes mata menyentuh permukaan mata karena mata sangat rentan terhadap infeksi.

<!–[if !supportLists]–>·         <!–[endif]–>Buanglah sisa obat mata setelah disimpan selama 1 bulan karena akan rusak dengan cepat.

<!–[if !supportLists]–>·         <!–[endif]–>Buanglah obat mata bila berubah warna ataupun terbentuk partikel – partikel.

 

Cara Pemakaian Obat tetes mata :

  1. Cuci tangan terlebih dahulu
  2. Kocok supaya tetes mata tercampur dengan baik
  3. Tengadahkan kepala dan lihat ke atas
  4. Bukalah pelupuk mata bawah
  5. Pegang alat tetes mata sedekat mungkin dengan kantong pelupuk mata bawah tanpa menyentuhnya.
  6. Teteskan 1 tetes ke dalam kantong mata, dan tutup mata perlahan – lahan untuk mencegah jangan sampai obat menetes keluar
  7. Terus tutup mata sampai 1 – 2 menit. Apabila harus meneteskan obat yang lain, tunggu sekitar 5 menit sebelum kembali meneteskan obat ke dalam mata.

 

Cara Pemakaian salep mata :

  1. Cuci tangan terlebih dahulu
  2. Tengadahkan kepala dan lihat ke atas
  3. Bukalah pelupuk mata bagian bawah
  4. Peganglah alat aplikator sedekat  mungkin tanpa menyentuh permukaan mata
  5. Oleskan sekitar 1 cm salep ke dalam mata dan berkedip – kediplah beberapa  kali.
  6. Terus tutup mata sampai 1 – 2 menit. Apabila perlu mengoleskan salep mata yang lain, tunggu sampai 10 menit sebelum mengoleskan kembali

 

OBAT TELINGA

Cara Pemakaian obat telinga :

  1. Berbaringlah miring atau tengadahkan kepala sehingga telinga menghadap ke atas.
  2. Kocok botol untuk mencampur obat telinga dengan baik
  3. Tarik daun telinga keatas dan  ke belakang untuk meluruskan liang telinga
  4. Teteskan sebanyak yang dianjurkan
  5. Telinga tetap meghadap keatas sampai 5 menit supaya cairan masuk dengan sempurna.

 

OBAT HIDUNG

Cara Pemakaian obat hidung

<!–[if !supportLists]–>1.        <!–[endif]–>Bersihkan hidung dengan cara mengeluarkan ingus

<!–[if !supportLists]–>2.      <!–[endif]–>Kocok obat hidung

<!–[if !supportLists]–>3.      <!–[endif]–>Tengadahkan kepala sambil duduk atau berdiri atau berbaring telentang dengan kepala tergantung di pinggir tempat tidur.

<!–[if !supportLists]–>4.     <!–[endif]–>Masukan aplikator sekitar 1 cm ke dalam hidung tanpa menyentuh sisi dalam hidung.

<!–[if !supportLists]–>5.      <!–[endif]–>Teteskan sejumlah yang dianjurkan

<!–[if !supportLists]–>6.     <!–[endif]–>Tetaplah tengadah sampai 1 – 2 menit supaya obat merata ke seluruh bagian hidung.

 

Cara pemakaian Semprotan hidung

  1. Bersihkan hidung
  2. Kocok kuat – kuat untuk meratakan aerosol
  3. Tengadahkan sedikit kepala
  4. Tutup satu cuping hidung dan masukan ujung botol semprot ke dalam cuping hidung yang lain.
  5. Aktifkan semprotan hidung, dan pada saat yang sama, tarik nafas perlahan melalui cuping hidung. Hembuskan nafas melalui mulut.
  6. Ulangi untuk cuping hidung yang lain
  7. Bersihkan ujung alat yang masuk ke hidung sebelum di tutup kembali.

 Jika anda dalam pengobatan dokter, jangan minum obat lain tanpa sepengetahuan dokter anda.

Comments on: "Yang Harus di ketahui tentang Obat" (6)

  1. bisa tolong carikan info ttg obat salep telinga & tampon telinga

  2. duhhhhh,pusing tentang tugas nieh… all about oat sublingual dan obat supositoria….help atuh

  3. Tolong donk kasi tau nama obat yg brbntuk gas anastetik

  4. tolong kasih tau bahan2 buat kapsul yg bisa bkin pingsan. dlm bntuk runcing dan bs menembus tbuh bila d tembakan!!
    PLEASE!!
    kalo ad yg tw bhn buat obat pingsan, krm ke mail gw=
    aslan_mello@yahoo.co.id
    atw d fs=
    niky_deidara_aslan@plaza.com
    PLEASEEEEEEEEE!!!!!!!!!!11

  5. thanks info na/tp tlong nic coz ptg nec buat tgas.contoh obat patent na tablet triturat n hipodemik ap ea? knjgan blik d tggu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: